Ciangsana Farm Kambing Qurban

PBNU Serahkan Bantuan untuk Dayah dan Masjid Terdampak Gempa Aceh

advertise here
PBNU Serahkan Bantuan untuk Dayah dan Masjid Terdampak Gempa Aceh
ACEH, NU BOGOR TIMUR - PBNU melalui NU Peduli Gempa Aceh, telah menyalurkan bantuan kepada dayah atau pesantren dan masjid di Aceh. Terdapat tujuh dayah dan masjid yang berhak menerima bantuan dana masing-masing senilai Rp.50.000.000,-

Menurut data NU Care-Lazisnu, dari ketujuh masjid dan pesantren tersebut, sebanyak empat masjid/pesantren di Kabupaten Pidie Jaya, dan tiga lainnya di Kabupaten Bireun.Berikut nama-nama dayah/pesantren penerima bantuan tersebut:

1. Masjid Takarrub Triengadeng, Kabupaten Pidie Jaya

2. Dayah Al-Hijrah, Desa Mesjid Tuha, Kecamatan Meurudu, Pidie Jaya

3. Dayah Mudi Mesra, Samalangga, Kabupaten Bireun

4. Dayah Ummul Ayman, Samalangga, Kabupaten Bireun

5. Dayah Tauthiatut Tarbiyah, Desa Lhok Puuk, Kecamatan Panteraja, Pidie Jaya

6. Dayah Asjadi Darussadaah, Desa Blang Iboh, Kecamatan Bandar Baru, Pidie Jaya

7. Masjid Raya Samalangga, Kabupaten Bireun.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Ketum PBNU KH Said Aqil Sirodj pada saat kunjungan PBNU ke lokasi pengungsi terdampak gempa Aceh, di Desa Mesjid Tuha, Kecamatan Meureudu, Pidie Jaya, Rabu (14/12). 

Saat ini bantuan telah diserahkan kepada ketujuh penerima tersebut. Dana bantuan tersebut berasal dari para donatur melalui NU-Care Lazisnu. 

Sekjen PBNU Ahmad Helmy Faishal Zaini mengungkapkan, PBNU ikut berduka secara mendalam dengan banyaknya keluarga yang kehilangan saudara-saudaranya. Juga banyak keluarga yang kehilangan tempat tinggal. Hal ini memerlukan bantuan banyak pihak, termasuk untuk rehabilitasi dan membangun kembali.

“Untuk itu, kita memerlukan kerja keras dari seluruh pihak. Pemerintah kita apresiasai sudah cukup bagus melakukan langkah-langkah dengan cepat dan tentu masalah ini bukan hanya masalah pemerintah, tapi kita semua. Keterlibatan dari swasta dan masyarakat sangat diperlukan dan dibutuhkan untuk membangun kembali agar Pidie Jaya ini menjadi daerah yang maju,” ungkap Helmy sesaat setelah penyerahan bantuan.

Ia mengapresiasi PBNU melalui lembaga-lembaga dan badan otomnya termasuk Lazisnu, sudah banyak bertindak. Hal itu merupakan bentuk kerja sama yang baik dan diharapkan akan memberikan manfaat yang besar.

“Ini hakikatnya kita (PBNU) hadir di masyarakat. Lazisnu dan semua lembaga dan banom NU dapat mengembangkan peran yang sudah bagus. Kalau jumlah ini bertambah, tentu makin banyak warga masyarakat yang menerima manfaat,” tegas Helmy.

Sumber: NU Online
Editor: Ibnu Thufail