Ciangsana Farm Kambing Qurban

Penuhi Tri Dharma, Mahasiswa UIN Bandung Laksanakan Praktek Pengadilan Agama (PPA) di PA Cimahi

advertise here
Mahasiswa UIN Bandung Laksanakan Praktek Pengadilan Agama (PPA) di PA Cimahi

NU BOGOR TIMUR -
Soreang : Dalam mengembangkan wawasan dan pengalaman di bidang Hukum, UIN Sunan Gunung Djati Bandung menggelar Peraktek Peradilan Agama Untuk Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum, 05 Juli-21 juli 2017.

Program pengamatan ini dilaksanakan di 24 Pengadilan Agama di lingkungan Pengadilan Tinggi Jawa Barat. salah satunya pengadilan agama Cimahi yang di fasilitatori oleh Bapak Agus Gunawan, MH., Hakim yang di tunjuk oleh Pengadilan Agama Cimahi  untuk membimbing dan memberikan pengarahan kepada mahasiswa selama peraktek berlangsung.

"Mahasiwa adalah penerus bangsa, generasi muda yang akan menggantikan kami (Hakim) yang dimana akan segera pensiun, maka mahasiswa perlu benar-benar Memahami Hukum acara pengadilan agama dan mampu memperaktekan Hukum Acara di pengadilan agama" tuturnya dalam sambutan pembukaan.

PPA ini adalah program akademik Fakultas Syariah dan Hukum, yang di ikuti oleh mahasiswa dari jurusan Ilmu Hukum (IH), Hukum Tata Negara (HTN), Hukum Keluarga  (HK), Hukum Ekonomi Syari'ah (HES), Perbandingan Madzhab dan Hukum (PMH) dan  Hukum Pidana Islam(HPI).

Peraktek ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki pengalaman praktis dalam penyelenggaraan administrasi peradilan dan menyelesaikan perkara serta membangun skill para mahasiswa Fakultas syari'ah dan hukum dengan langsung terjun ke lapangan dan merasakan atmosfir Peradilan Agama secara langsung.

 "Yang kami harapkan dalam peraktek ini yaitu mahasiswa mengetahui tekhnik administrasi di peradilan agama dan mampu memahami hukum acara di peradilan agama" tutur Yusuf Abdul Azis ketua kelompok PPA disela kegaiatan ini. (18/07)

Lebih lanjut ia menjelaskan, Bentuk kegiatan PPA ini adalah mengamati temuan-temuan di lapangan dan membandingkan dengan teori yg di dapat dari perkuliahan, dalam ruang lingkup administrasi, cara penyelesaian perkara, dan temuan-temuan produk putusan Hakim dalam menyelesaikan suatu perkara.

"Begitu berkesan atas apa yang sudah kami alami di pengadilan agama ini, dengan bimbingan yang sangat baik dan perhatian yang sangat tinggi yang di berikan oleh para Fasilitator PPA, Semoga apa yang telah kami dapat di pengadilan agama ini bisa kami peraktekan dan semoga kami bisa menjadi Hakim yang profesional" tutur Godel Laroiba salah satu mahasiswa PPA di sela pengamatannya. (Faisal)