Ciangsana Farm Kambing Qurban

Pengajian Kontemporer (1) : Fitnah Kelompok Takfiri Arab Kontemporer Karya Dr. Bassam As-Shobag

advertise here
Pengajian Kontemporer (1) : Fitnah Kelompok Takfiri Arab Kontemporer Karya Dr. Bassam As-Shobag
NU BOGOR TIMURPada era ini telah muncul fenomena dakwah dan ajakan untuk kembali kepada Islam. Fenomena ini oleh sebagian orang dianggap sebagai trend gerakan Islam (as-Shohwah al-Islamiyah). Namun sayang, maraknya gerakan Islam yang begitu fenomenal  dicederai oleh tuduhan sebagian kelompok yang bisa memecah persatuan umat, yaitu tuduhan syirik, kafir dan sesat

Sebagian dari aktifis gerakan islam melegalkan perubahan dengan cara revolusi dan penggunaan senjata, sebagian mereka  menganggap diri mereka sebagai satu-satunya kelompok yang menganggap dirinya paling benar (alfi'at an najiyah).

Dari catatan penulis buku "Fitnah Kelompok Takfiri Arab Kontemporer" karya Dr. Bassam As-Shobag; mayoritas gerakan islam mengalami krisis internal dan terjebak  pada penyelewengan konseptual. Diantara sebagian gerakan Islam ada yang memanfaatkan gelombang emosional umat dengan cara mensakralisasi gagasan dan slogan politik. Mereka membranding ide-ide politik dan menganggapnya  sebagai solusi. Ketika umat sudah percaya ide-ide tersebut dan memberikan dukungan  politik, justru mereka tidak membawa aspirasi tersebut secara amanah.

Seiring dengan respon positif dunia  terhadap Islam, sikap takfir  merusak citra Islam dan menciderai budaya berbeda pendapat.

Gerakan pembaharuan Islam sudah dimulai sejak pertengahan abad 18 Masehi. Dan gerakan-gerakan pembaharuan  Islam ini telah mendorong lahirnya sikap melawan penjajah dan menggulingkan pemerintah otoriter.



Tim Zawiyah Wasathiyah (Gunung Putri).