Ciangsana Farm Kambing Qurban

Kajian al-Hikam 67 : Tama' sebagai Pintu Kehinaan

advertise here
NU BOGOR TIMUR -

Kajian al-Hikam 67
Tama' sebagai Pintu Kehinaan

ماَ سَبَقتْ اَغْصاَن ذ ُلِّ ِاِلاَّ على بِذْرِ طَمَعٍ

"Tidak akan berkembang biak berbagai cabang kehinaan kecuali berasal dari bibit tamak."

Maqalah diatas menjelaskan bahwa salah satu pintu yang menyebabkan manusia dalam jatuh kehinaan yaitu munculnya bibit tama' dalam batiniyahnya. Tama' yaitu munculnya keinginan terhadap sesuatu di sisi makhluk. Artinya orang yang tama' itu akan banyak berharap kepada makhluk bukan kepada Allah. Jika batiniyahnya sudah digerogoti penyakita tama' tersebut maka akan muncul sikap yang bisa merendahkan dirinya. Sebab orang yang tama' kepada mahkluk akan melakukan segala cara untuk bisa memenuhi keinginannya, seperti mencari muka, memuji yang berlebihan, merekayasa segala cara supaya dapat perhatian atasannya dan lain sebagainya.  Orang-orang yang dihinggapi sifat-sifat tama' dalam melakukan apapun sulit untuk ikhlas karena Allah karena orientasinya hanya untuk mencari perhatian kepada makhluk. Dampaknya jika keinginan tersebut gagal maka yang terjadi munculnya sikap kekecewaan yang mendalam.
Karena itu, mari bersihkan hati kita dari virus tama' karena dapat menyeret kita kepada kehinaan dan akan semakin jauh dari Allah karena tama' menjadi hijab yang menghalangi menuju Allah.
Semoga Allah membersihkan batiniyah kita dari segala penyakit tama' dan dipenuhi dengan sikap qana'ah yaitu menerima apa yg ada dari Allah.
Dr. KH. Ali M Abdillah, MA
al-Rabbani Islamic College