Ciangsana Farm Kambing Qurban

Kajian al-Hikam (122) : Adab dalam berdoa

advertise here
NU BOGOR TIMUR -

Kajian al-Hikam (122)
Adab dalam berdoa

ماطلب لك شيء مثل الاضطرار ولا اسرع بالمواهب اليك مثل الذلة والافتقار


“Tidak ada sesuatu yang dapat memudahkan terkabulnya doa yaitu sikap merasa sangat  membutuhkan pertolongan Allah. Dan tidak ada yang lebih cepat memudahkan turunnya pemberian Allah yaitu sikap merasa hina dan merasa fakir di hadapan Allah.”

Maqalah diatas menjelaskan sikap dan adab dalam berdoa supaya permintaan kita dikabulkan oleh Allah. Tanpa sikap dan adab yang benar niscaya doa kita akan sulit dikabulkan.
Ada tiga sikap sebagai adab dalam berdoa:
Pertama, idhtirar yaitu sikap merasa sangat membutuhkan pertolongan Allah, karena  menyadari ketidak mampuan dirinya sehingga hanya berharap pada pertolongan Allah semata.
Kedua, dhillah yaitu sikap merasa dirinya hina di hadapan Allah, merasa dirinya tidak ada sesuatu apapun yang dibanggakan hanya mengakui kemaha besaran dan kemaha sempurnaan Allah semata.
Ketiga, iftiqar yaitu sikap merasa fakir sangat membutuhkan pertolongan Allah, karena  hanya pertolongan Allah yang diharapkan.
Ketiga sikap tersebut merupakan adab yang sangat penting bagi seorang hamba dalan berdoa kepada Allah. Semoga dengan mengamalkan adab-adab dalam berdoa tersebut menjadi wasilah doa kita  dikabulkan oleh Allah.

Dr. KH. Ali Abdillah, MA
Al Rabbani Islamic College