Ciangsana Farm Kambing Qurban

Forum Alumni PMII UI Dukung Rektor tangani, Gerakan Radikalisme

advertise here
NU BOGOR TIMUR -  Depok - Kabar duka yang menimpa bangsa beberapa waktu terakhir ini, yang bermula insiden di MAKO BRIMOB dan berujung maut beberapa anggota POLRI disusul kejadian bom bunuh diri Surabaya dan serentetan aksi bom diberbagai tempat.

Dukungan mengalir dari berbagai kalangan, termasuk dari kalangan akademik, diantarnya IKA PMII UI.
Dalam rilis yang diterima nubogortimur.com, Forum Alumni UI mendukung serta apresiasi Rektor untuk dalam penanganan Radikalisme.

Dalam pernyataan nya Forum Alumni PMII UI yang di komandoi oleh Achmad Solechan menyatakan, Pertama, Mengapresiasi dan mendukung sikap Rektor UI, Prof. Dr. Muhammad Anis yang menyatakan “UI menentang keras segala bentuk radikalisme dan terorisme, termasuk ujaran kebencian, baik di dalam atau luar kampus dan akan menindak tegas setiap warga UI yang melakukan tindakan provokasi yang mengarah pada radikalisme dan memecah belah bangsa

Kedua, Mendukung Rektor UI untuk melakukan langkah-langkah nyata dalam memerangi gerakan radikalisme dan terorisme tersebut dengan membersihkan kampus dari pemikiran dan tindakan yang berpotensi menjadi lahan subur gerakan radikalisme di kampus UI

Ketiga, UI sebagai Universitas yang menyandang simbol negara Indonesia hendaknya menjadi pioner dan garda terdepan dalam melakukan gerakan melawan radikalisme dan terorisme di Indonesia dengan program nyata dan konkret. Berharap UI mampu menekan dan menjadi motor penggerak untuk mematikan sel-sel tidur teroris dan radikalis.

Keempat, Sebagaimana disampaikan oleh Menristekdikti agar pimpinan Perguruan Tinggi Negeri mengantisipasi gerakan radikalisasi dikampus, maka hendaknya UI menjadikan momentum ini sebagai langkah untuk membuat serangkaian aksi nyata dan program riil untuk menghilangkan gerakan radikalisasi dikampus UI

Kelima, Forum Alumni PMII UI mendukung penuh upaya UI untuk tampil terdepan dalam pemberantasan radikalisme dan terorisme di Indonesia.

Keenam, Rektor UI mengoptimalkan keterlibatan alumni UI baik yang formal (Iluni UI) dan informal dalam upaya program penanganan radikalisme di kampus serta pengawasan dan penertiban sejumlah civitas akademika (mahasiswa, dosen, alumni dll) yang terlibat dalam aksi-aksi intoleransi dengan menggunakan atribut dan simbol UI.

Berikut teks Lengkap nya

DUKUNGAN FORUM ALUMNI PMII UNIVERSITAS INDONESIA
KEPADA REKTOR UNIVERSITAS INDONESIA TERHADAP PENANGANAN GERAKAN RADIKALISME 

Kabar duka yang menimpa bangsa beberapa waktu terakhir ini, yang bermula insiden di MAKO BRIMOB dan berujung maut beberapa anggota POLRI disusul kejadian bom bunuh diri Surabaya dan serentetan aksi bom diberbagai tempat, patut menjadi refleksi bersama bagi bangsa ini tak terkecuali Pendidikan Tinggi. Sebagai institusi Pendidikan pencetak generasi unggul yang dibiayai dan difasilitasi oleh negara, selayaknya Perguruan Tinggi Negeri khususnya Universitas Indonesia melakukan langkah-langkah dan tindakan nyata untuk mengurai dan mengurangi tumbuh suburnya gerakan radikalisasi ini. Untuk itu Kami Forum Alumni PMII Universitas Indonesia meyatakan:

(1) Mengapresiasi dan mendukung sikap Rektor UI, Prof. Dr. Muhammad Anis yang menyatakan “UI menentang keras segala bentuk radikalisme dan terorisme, termasuk ujaran kebencian, baik di dalam atau luar kampus dan akan menindak tegas setiap warga UI yang melakukan tindakan provokasi yang mengarah pada radikalisme dan memecah belah bangsa” sebagaimana disampaikan di harian kompas.

(2) Mendukung Rektor UI untuk melakukan langkah-langkah nyata dalam memerangi gerakan radikalisme dan terorisme tersebut dengan membersihkan kampus dari pemikiran dan tindakan yang berpotensi menjadi lahan subur gerakan radikalisme di kampus UI

(3) UI sebagai Universitas yang menyandang simbol negara Indonesia hendaknya menjadi pioner dan garda terdepan dalam melakukan gerakan melawan radikalisme dan terorisme di Indonesia dengan program nyata dan konkret. Berharap UI mampu menekan dan menjadi motor penggerak untuk mematikan sel-sel tidur teroris dan radikalis.

(4) Sebagaimana disampaikan oleh Menristekdikti agar pimpinan Perguruan Tinggi Negeri mengantisipasi gerakan radikalisasi dikampus, maka hendaknya UI menjadikan momentum ini sebagai langkah untuk membuat serangkaian aksi nyata dan program riil untuk menghilangkan gerakan radikalisasi dikampus UI

(5) Forum Alumni PMII UI mendukung penuh upaya UI untuk tampil terdepan dalam pemberantasan radikalisme dan terorisme di Indonesia.

6. Rektor UI mengoptimalkan keterlibatan alumni UI baik yang formal (Iluni UI) dan informal dalam upaya program penanganan radikalisme di kampus serta pengawasan dan penertiban sejumlah civitas akademika (mahasiswa, dosen, alumni dll) yang terlibat dalam aksi-aksi intoleransi dengan menggunakan atribut dan simbol UI.

Depok, 19 Mei 2018
Forum Alumni PMII Universitas Indonesia

Achmad Solechan
Ketua