Ciangsana Farm Kambing Qurban

Peace Train Indonesia: Pelopor Perdamaian Umat Lintas Agama

advertise here

NU BOGOR TIMUR - Jakarta: Setelah berhasil di 6 kota berbeda, Peace Train Indonesia (PTI) kembali diselenggarakan. Kali ke-7 ini, PTI menempuh rute Jakarta-Banten yang berlangsung pada (28-30/2018).

Sebanyak 40 peserta dari berbagai kota di Indonesia hadir dan mengikuti kegiatan lintas agama dengan mengunjungi tempat-tempat ibadah yang ada di Provinsi Banten. Beberapa diantaranya berasal dari Temanggung, Cirebon, Jakarta, Pekalongan, madura dan tangerang.

Peace Train Indonesia merupakan program kunjungan lintas agama menuju ke satu kota yang sudah ditentukan dengan misi perdamaian di tengah keberagaman. Kali ini PTI mengusung tema "Mempelajari dan Mengalami toleransi." 

Dalam sambutannya di Gua Maria, Anict mengungkapkan bahwa peserta Peace Train Indonesia berinteraksi langsung bukan hanya di rumah ibadah tetapi sekaligus mengalami perbedaan sebagai komunitas religius.

"Beragama secara terbuka menjadi barang mahal di negara ini. Kita belajar agama bukan untuk memusihi tapi untuk memahami karena perbedaan itu harus dipelajari dan dialami," jelas Anict, salah seorang penggagas Peace Train Indonesia.

Tibanya di Gua Maria malam tadi, peserta PTI ke-7 yang terbagi menajdi dua gelombang mendapat sambutan hangat dari Orang Muda Katolik (OMK) Rangkasbitung.

Selaku tuan rumah, Romo toto mengaku sangat senang dengan kedatangan peserta PTI di Gua Maria. "Kami sangat terbuka dan senang sekali apalagi pemuda-pemuda ini. Jika melihat yang muda saya seperti melihat masa depan Indonesia, saya ingin mlihat Indonesia ke depan lebih baik lagi di tangan kalian (Peserta PTI ke-7)," jelas Toto Nurbertus Trisapto tuan rumah Gua Maria.

Peace Train Indonesia menjadi program yang digemari pemuda. Sebagaimana Estetika, peserta Peace Train Indonesia pertama sekaligus ke-7.
"Ini adalah kali kedua saya ikut peace Train. Bagi saya, Peace Train adalah kegiatan yang sangat baik, karena di sinilah kami sebagai kaum muda mampu untuk mengalami dan merasakan sesuatu yang selama ini tidak kami alami dan rasakan. Pada saat ini, Peace Train hadir sebagai jembatan untuk menggapai mimpi itu." Ungkap Estetika.

Setelah bermalam di Gua Maria, hari ini peserta PTI ke-7 mengunjungi Vihara Avalokitesvara, Gereja Kristen Pasundan (GKP) Rangkasbitung, Masjid Agung Banten, Gereja Katolik dan diakhiri perjalanan menuju Gajeboh (perkampungan Baduy Luar).